About

Propellerads

Monday 16 March 2015

二郎神五行大帝 ER LANG SHEN NGO HENG TAY TEE

Posted by   on



ER LANG SHEN 二郎神
MALAIKAT PELINDUNG KOTA SUNGAI. ER LANG SHEN.
Menurut sejarah, Er Lang Shen (Ji Long Sin — Hokkian) adalah putra seorang Gubernur dari propinsi Sichuan, yang hidup pada jaman dinasti Qin, dengan nama Li Bing. Pada waktu itu sungai Min (Minjiang, salah satu cabang sungai Yang - Zi yang bermata air di wilayah Sichuan), seringkali mengakibatkan banjir di wilayah Guan-kou (dekat Chengdu). Sebagai gubernur yang peka akan penderitaan rakyat, Li Bing segera mengajak putranya, Er Lang, meninjau daerah bencana dan memikirkan penanggulangannya. Rakyat Guan-kou yang sudah putus asa menghadapi bencana banjir yang tiap kali menghancurkan rumah dan sawah ladangnya, tampak pasrah dan mengandalkan para dukun untuk menghindarkan bencana. Para dukun menggunakan kesempatan ini untuk memeras dan menakut-nakuti rakyat. Dikatakan bencana banjir itu diakibatkan karena Raja Naga ingin mencari istri. Maka penduduk diharuskan tiap tahun mengirimkan seorang gadis untuk dijadikan pengantin Raja Naga di sungai Min itu. Maka tiap tahun diadakan upacara penceburan gadis di sungai yang dipimpin oleh dukun dan diiringi oleh ratap tangis orang tua sang gadis.
Li Bing bertekad mengakhiri semua ini, dan berusaha inenginsafkan rakyat bahwa bencana dapat dihindarkan asal mereka mau bergotong royong memperbaiki aliran sungai. Usaha ini tentu saja ditentang para dukun yang melihat bahwa ia akan rugi apabila rakyat tidak percaya lagi kepada mereka. Untuk menghadapi mereka, Li Bing mengatakan bahwa putrinya bersedia menjadi pengantin Raja Naga untuk tahun itu. Dia minta sang dukun memimpin upacara. Sebelumnya, Li Bing memerintahkan Er Lang untuk menangkap seekor ular air yang besar, dimasukkan dalam karung dan disembunyikan di dasar sungai.
Pada saat diadakan upacara "mengantar pengantin" di tepi sungai, Li Bing mengatakan kepada dukun kepala, bahwa ia ingin sang Raja naga menampakkan diri agar rakyat bisa melihat wajahnya. Sang dukun marah dan mengeluarkan ancaman. Tapi Li Bing yang telah bertekad mengakhiri prakteknya yang kejam ini, berkeras agar sang dukun menampilkan wujud Raja Naga. karena keadaan yang sudah memungkinkan untuk bertindak, Li Bing memerintahkan putranya Li Er Lang agar terjun ke sungai dan memaksa sang Raja Naga ke luar.
Setelah menyelam sejenak Er Lang muncul kembali sambil menyeret bangkai ular air itu ketepi. Penduduk jadi gempar. Li Bing menyatakan bahwa sang Raja Naga yang jahat sudah dibunuh, rakyat tidak usah khawatir akan gangguan lagi dan tidak perlu mengorbankan anak gadisnya setiap tahun.

Setelah itu Li Bing mengajak rakyat untuk bergotong-royong membangun benduingan dan waduk, untuk mengendalikan sungai Min. Usaha ini akhirnya berhasil dan rakyat daerah itu terbebas dari bencana banjir. Untuk memperingati jasajasa Li Bing dan Er Lang di tempat itu kemudian didirikan kelenteng peringatan.*
dipetik dari buku Dewa Dewi Kelenteng
hal 137 - 138 .

** Pendapat lain mengatakan bahwa sebetulnya Er Lang Shen adalah Zhao Yu, yang hidup pada jaman dinasti Sui (581 — 618 M). Kaisar Sui Yang Di (605 - 617 M) mengangkatnya sebagai walikota Jia Zhou. Ia pernah membunuh seekor naga yang ganas di sungai dekat kota itu. Oleh penduduk kota ia kemudian diangkat menjadi Er Lang Shen. Pada waktu itu ia berumur 26 tahun.
Setelah Kerajaan Sui runtuh, ia menghilang tak tentu rimbanya. Pada suatu ketika sungai Jiazhou kembali meluap, diantara halimun dan kabut yang menyelimuti daerah itu, terlihat seorang pemuda menunggang kuda putih, diiringi beberapa pengawal, membawa anjing dan burung elang, lewat di atas sungai itu. Itulah Zhao Yu yang turun dari langit. Untuk mengenang jasa-jasanya penduduk mendirikan kelenteng di Guan-kou dan menyebutnya Er Lang dari Guan-kou. Oleh
Kaisar Zhen-zong dari dinasti Song, ia diberi gelar Qing Yuan Miao Dao Zhen Jun (Ceng Goan Biau To Cin Kun — Hokkian) atau malaikat berkesusilaan bagus dari sumber yang jernih. Hari lahirnya diperingati pada tanggal 24 bulan 6 Imlik.

Dalam cerita Xi You Ji (See Yu Ki - Hokkian) bab 7, dikisahkan bahwa untuk menangkap Sun Kong yang mengacau Istana Langit, Guan Yin menganjurkan memanggil seorang malaikat sakti, yang masih terhitung keponakan Yu Huang Da Di dan berkedudukan di Guanzhou. Nama malaikat ini adalah Er Lang Zhen Jun (Ji Long Cin Kun - Hokkian). Sun Wu Kong mengenalinya sebagai putra adik perempuan Yu Huang Da Di yang menikah dengan orang yang bernama keluarga Yang (Nyoo, Yo — Hokkian) tanpa disebutkan namanya.

Menurut apa yang dituturkan dalam novel Feng shen (Hong sin - Hokkian) bab 40, Er Lang Shen bernama Yang Jian (Yo Cian - Hokkian). Dalam buku tersebut Yang Jian memperkenalkan diri sebagai berikut " hamba adalah Yang Jian, murid Yu Ding Zhen Ren (Giok Teng Cin Jin - Hokkian) dari Gua Lembayung Emas, di gunung Yu Quan Shan " Yang Jian dapat berubah menjadi 73 rupa dan sakti mandraguna. Ia kemudian menjadi orang suci berikut badan kasarnya.

Er Lang Shen banyak dipuja di propinsi Sichuan. Beberapa kelenteng besar yang didirikan khusus untuknya terdapat di Chengdu, yaitu ErLang Miao (Kelenteng Er Lang), di Guan Xian dengan nama Guan Kou Miao (Kelenteng Guan Kou), di Baoning, Ya-an dan beberapa tempat lain dengan nama Er Lang Miao. Kecuali Sichuan, propinsi Hunan juga memiliki beberapa kelenteng Er Lang yang cukup kuno.
Er Lang Shen ditampilkan sebagai seorang pemuda tampan bermata tiga, memakai pakaian keemasan, membawa tombak bermata tiga, diikuti seekor anjing, kadang-kadang ditambah dengan seekor elang. Dia dianggap sebagai Dewa Pelindung Kota-kota di tepi sungai. Tapi sering juga ditampilkan bersama Tai Shang Lao Jun sebagai pengawal. **
dipetik dari buku Dewa Dewi Kelenteng
hal 138 - 139 .

二郎神 楊戩

民間傳說中的神:

(1)秦代蜀郡太守李冰第二子,助父斬蛟鎖龍,築堰平患,蜀人奉為灌口二郎神,祠祀不絕。亦稱為灌口二郎。

(2)隋代嘉州太守趙昱斬蛟定患,後又顯靈平定水災,民感其德,立廟灌口,奉為二郎神。亦稱為灌口二郎。

(3)《西遊記》與《封神演義》中記玉皇大帝外甥楊戩,神通廣大,曾誅六怪、劈桃山,號為灌口二郎。

(4)晉鄧遐為襄陽太守,斬沔水蛟除患,鄉人立廟祠祀,因嘗為二郎將, 尊為二郎神。

(5)相傳是四大天王中之北方多聞天王毗沙門二子獨健,曾率天兵救唐明皇於危難之中,是佛教護法神之一。毗沙門天王有五子(一說四大天王各有九十一子)關於二郎神的身世考證

儀容清俊貌堂堂,兩耳垂肩目有光。
頭戴三山飛鳳帽,身穿一領淡鵝黃。
縷金靴襯盤龍襪,玉帶團花八寶妝。
腰挎彈弓新月樣,手執三尖兩刃槍。
斧劈桃山曾救母,彈打鋋羅雙鳳凰。
力誅八怪聲名遠,義結梅山七聖行。
心高不認天家眷,性傲歸神住灌江。
赤城昭惠英靈聖,顯化無邊號二郎。

這首詩是《西遊記》中對於二郎真君的一段描寫,可謂形神兼備,二郎神楊戩的英挺形象歷歷在目,但是,這位號稱為"天界第一戰神"的二郎神究竟是什麼了身世來歷?他是何年何月從何處流傳至今的呢?

首 先,從吳承恩寫在《西遊記》裡這首詩來看,至少在明朝中葉,民間對於二郎神的傳說還是耳熟能詳的,因此這詩只是概括式地一點而過,書中也沒有加以解釋和註 釋。但時至今日,二郎神的傳說大量已經淹沒而不可考了,像詩中所說的"斧劈桃山"尚可知,但"彈打鳳凰"就不知所云了。

儘 管對於二郎到底是由誰演化、神化而來的有很多種說法,分別有"李二郎說"和"趙二郎說",但"楊二郎"還是可考的。首先,楊戩的出生便是一次出軌的產物, 傳說他的母親是玉帝的妹妹,因為羨慕人間恩愛生活偷偷下凡來到人間,結識了一位姓楊的書生,並與之結為秦晉之好。(可見天堂不是女人的天堂,否則咋有那麼 多仙女前赴後繼來到人間,出名的的就有這位、七仙女、織女,還有後來的華山聖母,也就是二郎的妹子,可沒見有一位男天神下凡與凡間女子結合的。)玉帝御妹 為楊書生先後生下了三個孩子。(這裡有個有趣的問題考而無果:楊家老大是誰呀?二郎和三妹都很出名耶,可他大哥卻毫無知名度,按說可不應該。)其中的二郎 就是楊戩。三妹則沒名字,只知是華山三聖母。(在劇中聽到二郎叫妹妹三聖母真有夠滑稽。)

其 實從傳說的流傳時間來看,最早"劈山救母"的事跡絕對是二郎的,但後來添枝加葉,以訛傳訛的,就變出了"寶蓮燈"故事。一笑此說是有根據的,因為"二郎斧 劈桃山救母"的故事帶著明顯的上古神話色彩,而沉香的故事顯然要時尚的多,形成的時間也較晚。不過,大家比較一下便會發現這兩個故事一脈相承,包括人物關 係也是母子、甥舅。

傳說玉帝知道妹子私自下凡十分震怒,便將妹妹壓在了桃山之下受苦。楊戩自幼便本領不凡,但後來師 承為誰已經不可考,包括他獨有的兵器--三尖兩刃槍,好像中國也只有他一個人(神)用,再無別家。他額上的天眼又是如何來的也不得而知了,但據一笑所知, 在中國所有的神鬼妖魔裡,三隻眼的只有兩位,他是其中之一。(另一位是馬王爺,就是讓孫悟空上天後搶了飯碗那位。)待楊戩長到十七歲,已經是勇無可擋,曾 經在二郎山中幹掉了八個危害人間的妖怪,這就是"力誅八怪"的由來。於是他持了一把開山斧(奇怪,又不是槍了,可能槍劈山不好使吧),力劈桃山,救出了被 壓在山下受難的母親。

母子相逢自是歡喜無限,但不幸的是,御妹因在山下壓得太久,十幾年不見陽光,身上已經長滿了白毛(別笑,這就是一笑說的上古神話的樸素),於是二郎將母親放在山上曬太陽。這時,玉帝聞聽二郎劈山,惱怒非常,為了消除自家的恥辱,便放出九個太陽上天,將妹妹活活曬死在山上。

二 郎又痛又恨,暴怒狂追天上九日,一手一個擒住卻無處放,便分別掀起兩座大山,將捉住的太陽壓住,再看天上亂竄的七個日頭,便抄起一副扁擔擔了七座大山繼續 追趕太陽,這就是"二郎擔山"的傳說。就這樣,只剩下最後一個太陽在飛跑,二郎一直將它追進了東海裡,在海邊被東海龍王的三公主攔下,筋疲力盡的二郎暈倒 在三公主溫柔的懷中(好浪漫是不是?),之後他們就結成了美滿良緣(好像沒有嫦娥什麼事)。

為了母親的死,二郎恨死 了他的玉帝舅舅,玉帝也自知理虧,便封他為"英烈昭惠顯靈仁佑王",道號"清源妙道真君"。但二郎始終對這個舅舅不理不睬,堅決不在天庭居住,而是在下界 受香火,帳前有梅山七聖相伴,麾下一千二百草頭神,對於玉帝是"聽調不聽宣",就是說只服從命令,沒事別套近乎。這就是"心高不認天家眷,性傲歸神住灌 江。"

其實關於二郎還有些有趣的東西淹沒了,比如他的寵物--人人都知道他的哮天犬,卻很少有人知道他還有一隻鷹 吧?實際上,二郎一出現,應該是"左牽黃右擎蒼,千騎卷平崗"的架鷹縱犬的形象,這在《西遊記》中就有提及。而同時,從詩中看,他還精通暗器--"腰挎彈 弓新月樣",這個彈弓在《封神演義》中好像也出現過。

楊戩最威風的時候大概就是被鄧嬋玉打了兩石,雖是挨打,卻是火星迸出,只當不知,仍是緊追不捨。他是有玄功護體,和孫悟空一樣,也是個鋼鐵戰士。

楊戩敗過的次數極度有限,一次用胳膊去迎余化的化血神刀,想看看刀上有沒有毒,這次敗的絲毫不丟人,另一次是被三霄娘娘用混元金斗捉入天河陣,要知道文殊、普賢、慈航等十二真人都被拿住,最後是原始天尊和老子出面才擺平,這次敗的也不丟人。

除 卻這兩次危難,楊戩基本上是一個力挽狂瀾的人,屢屢在危難之中獨撐大局,被姜子牙評為「智勇雙全,功高千古!」但這楊戩卻不得其用,始終是一個督糧官,可 能是姜子牙的軍糧太重要了,重要的寧可全軍被圍困,也要楊戩去督糧。我小時候經常想,如果姜子牙要楊戩做先鋒,恐怕是一路凱歌,根本輪不到哪吒、雷震子等 人表現。即便瘟神呂岳把西岐全城人都放倒的時候,能走的只剩楊戩和哪吒的時候,哪吒一陣著慌,「人馬殺來,你我二人如何抵擋?」楊戩卻鎮靜異常:「吾自有 退兵之策!」用撒豆成兵之術嚇退了鄭倫,頗有銀鞍照白馬的子龍之風。運糧官還有兩個人,一個是土行孫,另一個就是鄭倫,這三個人均是奇異之士,卻久不得戰 陣,只能在運糧的空閒時間幫忙打兩仗。想到這,頗有些覺得楊戩和趙雲的寂寞很相似,趙雲也是不受重用,也許是另一種重用,主要是保護家小、斷後之類的雜 務。

曾有人說楊戩之所以沒有像趙雲那樣被人所喜愛,更多的是他的性格太模糊,我卻很不願苟同,楊戩性格很清晰,就是一個謙卑內斂的人,絕無孫悟空那種狂傲之氣,也絕沒有居功自傲的行為,雖然他屢次搭救哪吒,卻仍然尊哪吒為「道兄」。

楊 戩初出場,扇雲冠,水合服,腰束絲絛,腳登麻鞋,一副道士打扮,拜見一番便請姜子牙把免戰牌摘了,「若不見戰,焉能隨機應變?」說得極度自信卻不顯半分驕 狂,實是千年不遇的一個人物。待得他用智除了花貂,哪吒大吃一驚,他也未有半點吹噓,「你我道門徒弟,各有玄妙不同!」給哪吒留足了面子。楊戩不單是個謙 卑之人,還是個良善之人,楊戩戰周信的時候,心內擔憂的是城中百姓恐遭屠戮,便速戰速決,用嘯天犬解決了周信。在《封神演義》裡,楊戩就是一個完人,或者 說就是一個真神!

離開了封神演義,楊戩的形象便不那麼光輝了,他也曾有過劈山救母的叛逆,也曾阻撓過三聖母(沈香的媽媽)的愛情,也曾和孫猴子大動干戈,當然,楊戩在很多人眼中都是一個反面角色,他從來不是一個史實,他只是神話傳說,如何塗抹他是個人的喜好,個人的自由。

作 為玉帝的外甥,他與玉帝的關係並不好,「聽調不聽宣」便是一種極度的個性,『裙帶』?如果楊戩的這種姿態也叫裙帶的話,那麼楊國忠之流就決不是裙帶了,而 是心肝或者五臟六腑了。不過高興的是《西遊記》並未把楊戩塗抹的太不堪,楊戩被描述的『清奇秀氣』,和那個封神演義中的『扇雲冠,水合服,腰束絲絛,腳登 麻鞋』的楊戩並不迥異,只可能是麻鞋換了錦靴。楊戩也是個高傲之人,「我輸與他,列公不必相助;我贏了他,列公也不必相助。」.

1 comment:
Write komentar
  1. Lucky Club Casino Site Review - Lucky Club Lucky Club
    Lucky Club Casino is operated by the same owner as its sister luckyclub club Spadegaming, which was established in 2016 in the United Kingdom. The site has been

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter
http://go.pub2srv.com/afu.php?id=1391020