About

Propellerads

Wednesday 27 January 2016

Benarkah Tahu Adalah Makanan Era Kekaisaran??

Posted by   on

 Tahu
Tahu atau tofu adalah salah satu makanan etnis Tionghoa yang paling merakyat. Tahu terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami kiagulasi. Penamaan tahu merupakan serapan dari bahasa Hokkian yang berbunyi tauhu yang secara harafian berarti kedelai terfermentasi.


Tahu sendiri memiliki tekstur yang lembut/halus, serta umumnya berwarna putih. Tahu sendiri telah dikenal di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han, sekitar 2200 tahun lalu. Penemu penganan ini adalah Liu An, seorang bangsawan dan ayahnya adalah Liu Bang. Liu An juga cucu dari Kaisar Han Gaozu.

indexDi Jepang, makanan ini disebut tofu. Teknik pembuatannya muylai berkembang sejak periode Nara (710-794). Tofu sendiri lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan.

Tahu dibawa oleh para perantau Tiongkok ke berbagai penjuru dunia hingga menyeberang ke Asia Timur dan Asia Tenggara. Kemunghkinan penyebaran ini berkaitan dengan pengaruh penyerbaran ajaran Buddha, karena tahu merupakan sumber penting protein daslam diet vegetarian. Tahu memiliki jumlah kalori yang relatif rendah dan kandungan protein cukup tinggi, serta mengandung zat besi dan kalsium tinggi pula.

Selain tahu yang kita kenal, a jenis tahu lain yaitu tahu busukatau chou doufu. Tahu bujsuk ini adalah sejenis tahu yang difermentasikan lebih lanjut, sehingga menjadi berbau tidak sedap. Penyajiannya bermacam-macam, dapat digoreng, dikusus, direbus atau dipanggang.
Yang unik, setelah digoreng, direbus, dikukus atau dipanggang, tahu ini tidak bebau busuk lagi. dan dapat menjadi penganan yang sangat enak.

Tahu pasa masanya  pernah menjadi hidangan kekaisaran, menjadi penganan favorit Ratu Ci Xi pada masa Dinasti Qin. Sedangkan di Taiwan, tahu busuk ini sangat terkenal dan disukai banyak orang. [JX/tionghoa.info/Eka]

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter
http://go.pub2srv.com/afu.php?id=1391020