About

Propellerads

Saturday 30 January 2016

Salah Satu Makna Perayaan Imlek

Posted by   on

Imlek merupakan perayaan tahun baru dan perayaan terpenting yang ditungu-tunggu oleh Etnis Tionghoa. Pada tahun 2016 ini, Imlek jatuh pada tanggal 08 Februari dan merupakan tahun baru China ke 2567.
Berdasarkan cerita rakyat dan legenda kuno, tahun baru Imlek dirayakan ketika orang berhasil melawan hewan mitos yang disebut Nian yang berarti tahun dalam bahasa China. Nian selalu muncul pada
hari pertama tahun baru dan kedatangan Nian untuk memangsa hewan ternak, memakan hasil pertanian, bahkan juga penduduk.
Untuk selamat dari petaka Nian, masyarakat desa di China menaruh sejumlah makanan di depan pintu pada hari pertama tahun baru. Masyarakat China percaya, jika Nian telah memakan makanan yang telah disediakan, maka Nian tidak akan lagi datang dan menyerang warga.
Orang-orang keturunan Tionghoa, merayakan Imlek dengan mengenakan baju berwarna merah. Kira-kira kenapa, ya, harus menggunakan baju bewarna merah? Konon, suatu ketika, seorang penduduk China menyaksikan seekor Nian lari dan ketakutan melihat seorang anak mengenakan baju bewarna merah. Dari kejadian itu, maka penduduk desa di China akhirnya tahu apa yang Nian takuti, yaitu warna merah.
Nah, semenjak itu, setiap menjelang dan selama tahun baru, penduduk Tionghoa akan menggantung lentera merah, serta memasang tirai merah pada pintu dan jendela. Selain itu, masyarakat juga menggunakan mercon untuk menakuti Nian. Sejak itulah, Nian tidak pernah lagi muncul di desa mereka.
Perayaan Imlek juga merupakan pertemuan seluruh anggota keluarga sekali dalam setahun. Perayaan tahun baru ini, menjadi sangat berarti, karena setiap anggota keluarga dan tetangga saling berkunjung, saling mengayomi, dan memulai lembaran baru dengan pakaian yang baru.

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter
http://go.pub2srv.com/afu.php?id=1391020